Wednesday, 24 April 2013

Hari Angkutan Umum Nasional : 10 Angkutan Umum di Indonesia

Indonesia memang memiliki banyak hari peringatan, bisa anda lihat di sini. Ada yang jadi tanggal merah, karena diperingati oleh banyak orang, dan ada yang tidak. Hari ini, tanggal 24 April merupakan Hari Angkutan Umum Nasional. Tidak terdengar gemanya, tapi melekat pada kehidupan sehari-hari kita. 

Menurut KBBI daring, angkutan adalah 1 barang-barang (orang-orang dsb) yg diangkut; 2 cara mengangkut; sedangkan umum adalah 1 seluruhnya atau semuanya; secara menyeluruh, tidak menyangkut yg khusus (tertentu) saja; 2 a untuk orang banyak; (untuk orang) siapa saja; 3 n orang banyak; khalayak ramai; 4 v tersiar (rata) ke mana-mana; (sudah) diketahui orang banyak. Jadi angkutan umum adalah cara mengangkut orang banyak (mungkin lebih tepat ke alat ya). Angkutan umum di Indonesia sangat banyak ragamnya, mulai dari yang nonmesin sampai yang bermesin.

Berikut beberapa jenis angkutan umum di Indonesia.
1. CIKAR
Ini bukan sapi lagi narik rumah, ini adalah cikar, angkutan umum tradisional yang ditarik oleh dua sapi. Hampir mirip dengan andong atau bendi hanya saja bagian untuk penumpangnya lebih panjang dan bagian sampinya tertutup.

2. ANDONG/BENDI
Angkutan umum ini mungkin sudah dikenal oleh banyak orang ya.

3.  BECAK

Bentor (Becak Motor), Medan
 
4. PERAHU LAYAR
Perahu Pinisi
 

5. BIS


6. BEMO
bemo ini kendaraan beroda tiga, hampir mirip dengan bajaj. Bemo bisa memuat 7 penumpang, satu di depan dekat supir, 6 lainnya berimpit di belakang (lutut saling sentuh).

7. BAJAJ
Bajaj juga termasuk kendaraan beroda tiga. Hanya saja jumlah penumpang dalam keadaan normal maksimal 2 orang di belakang supir.

8. ANGKOT
Mikrolet
Angkot VVIP
9. PESAWAT


10. OJEK
Ojek sepeda
Itulah sepuluh jenis angkutan umum yang bisa saya rangkum. Terlepas dari banyaknya kabar buruk tentang angkutan umum di Indonesia, semoga angkutan umum di Indonesia tidak punah, tetapi justru dibenahi dan diperindah. Saya yakin, jika angkutan umum kita nyaman, murah, dan aman, masyarakat dengan sendirinya akan lebih memilih angkutan umum dibanding kendaraan pribadi. Selanjutnya akan lebih mengurangi polusi udara.

Selamat Hari Angkutan Umum Nasional...!!! Mari naik angkutan umum..!!! ^_^

Sumber :
Dari berbagai sumber dengan kata kunci pada gambar (google image)
http://www.tamanmini.com/museum/museum-transportasi-2
http://kbbi.web.id/

6 comments:

  1. Di Indonesia, banyak banget ya mba angkutan umumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, sebenernya masih buanyak lagi..

      Delete
  2. Cikar aku belum pernah naik tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mak, saya juga belum pernah naik..kayaknya sih jalannya mendayu-dayu ya bikin ngantuk, ya lah kan ditarik sapi..

      Delete
  3. Replies
    1. hehehe...jadi lebih dekat antara sopir dengan penumpangnya ya..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...